• Tue. Aug 16th, 2022

Kata Berita

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Mengenal Apa Itu Aplikasi Aset dan Manfaatnya untuk Perusahaan

ByAzalia

Jul 20, 2022

Mengelola dan melakukan monitoring ribuan aset perusahaan secara manual merupakan sebuah kesalahan, hal tersebut akan sangat melelahkan, menyita waktu, dan sangat rentan dengan kesalahan. Itulah mengapa perusahaan Anda membutuhkan Aplikasi aset untuk mengatur semua aset yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Apa itu Aplikasi Aset?

Manajemen aset perangkat lunak (SAM) adalah praktik bisnis yang melibatkan pengelolaan dan optimalisasi pembelian, penyebaran, pemeliharaan, pemanfaatan, dan pembuangan aplikasi perangkat lunak dalam suatu organisasi.

Aset merupakan sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh individu atau badan usaha. Layaknya dalam sebuah keluarga, setiap perusahaan juga memiliki sebuah aset, baik berupa tanah, bangunan, perlengkapan (aset berwujud) maupun berupa saham, hak cipta, dan merek (aset tidak berwujud).

Aset perusahaan merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus dikelola dengan baik agar dapat bermanfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Manajemen aset merupakan proses memaksimalkan aset perusahaan untuk memberikan pengembalian terbaik kepada perusahaan dan pihak yang berkepentingan lainnya. Terkadang, manajemen aset juga melibatkan pemulihan aset. Dalam manajemen aset dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat agar aset bisa lebih bermanfaat. Dalam pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan semua pihak dalam level manajemen sehingga keputusan dapat diimplementasikan secara baik di semua bagian perusahaan.

Aset perusahaan harus direview setiap tahunnya untuk melihat apakah ada aset yang masih bisa dipakai atau harus diganti. Dengan manajemen aset yang tepat perusahaan dapat menekan angka pengeluaran dan menambah pemasukan uang kas (tunai).

Lantas, mengapa Aplikasi aset sangat penting bagi perusahaan?

Mengingat pentingnya mengelola aset perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan, sangat penting bagi perusahaan memiliki software ini . Berikut, 7 alasan pentingnya Aplikasi aset bagi perusahaan, di antaranya adalah:

1. Mengelola dan Menjaga Nilai Aset

Pastinya, akan sangat sulit untuk menangani dan memantau semua aset yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan Aplikasi aset, perusahaan dapat mengelola, memantau, serta menjaga nilai aset perusahaan agar tetap tinggi, memiliki usia yang lebih panjang, serta terhindar dari kerusakan untuk aset yang nilai jualnya bisaturun. Selain itu perusahaan juga dapat  mengidentifikasi aset tertentu kapanpun dan di manapun.

2. Menggunakan Manajemen Aset Real-Time

Selanjutnya perusahaan juga memiliki gambaran yang jelas tentang semua asset yang dimiliki. Selain itu semua asset juga dapat dilacak semua item setiap saat secara real–time.

Pelacakan aset yang akurat sangat penting untuk memperoleh manajemen data yang efisien. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan catatan duplikat atau usang dan menghapusnya dari sistem Anda guna menghindari kebingungan.

3. Menghindari Biaya Perawatan yang Tidak Perlu

Melacak semua aset perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan. Aset perusahaan yang sudah usang dan tidak produktif lagi dapat menurunkan efisiensi operasional yang mengarah pada biaya yang tidak perlu.

Jika Anda memiliki semua informasi penting tentang aset perusahaan mulai dari pembelian hingga pemeliharaan, maka Anda dapat mengambil langkah-langkah efektif untuk menghindari gangguan pada sistem di saat yang tepat. Hanya aplikasi aset yang dapat melakukan semua hal tersebut dengan sangat baik.

4. Efisiensi Waktu

Anda dapat mewujudkan penyelarasan kebutuhan dan persyaratan dengan kemampuan yang ada. Hal ini akan membuat Anda mengetahui apa yang harus Anda pertimbangkan untuk pengeluaran, apa yang perlu dihilangkan untuk menghemat uang.

Selain itu, Software ini juga dapat membantu Anda untuk memahami detail aset, kemampuan, peningkatan, persyaratan pemeliharaan, dan banyak faktor lainnya. Jadi, Aplikasi aset berperan sebagai manajer kapasitas untuk membuat keputusan di saat yang tepat.

5. Melakukan Audit untuk Aset Perusahaan

Pemeriksaan audit untuk aset perusahaan merupakan suatu keharusan, karena pemeriksaan audit memungkinkan perusahaan mengidentifikasi lisensi yang sudah kadaluarsa dan aset yang sudah usang. Perusahaan mungkin mengalami kerugian finansial untuk aset usang dalam bentuk pajak dan biaya perawatan.

Aplikasi aset dapat membantu Anda melakukan pemeriksaan audit untuk meningkatkan visibilitas aset perusahaan,dan mengurangi risiko hukum.

6. Meningkatkan Keamanan Aset

Aset dalam jumlah yang cukup banyak pada sebuah perusahaan pastinya tidak dapat dikontrol satu persatu dan terjamin keamanannya. Dengan Aplikasi aset, aset yang dimiliki perusahaan akan tersimpan dengan baik sejak pertama hingga akhir. Perusahaan juga dapat meminimalisir hilang atau rusaknya aset perusahaan.

Tentunya software ini sangat diperlukan oleh perusahaan agar seluruh aset perusahaan dapat tersimpan dengan baik, aman, dan terlindungi.

7. Membuat Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah salah satu metode untuk menganalisa, mengidentifikasi, menilai, mengendalikan, menghindari, meminimalisir, atau bahkan menghapuskan ancaman (risiko) pada sebuah perusahaan. Manajemen risiko sangat penting untuk menciptakan kesadaran perusahaan atas resiko atau bahaya yang mungkin dihadapi dari aset yang dimiliki.

Itulah tadi 7 alasan pentingnya aplikasi aset bagi perusahaan. Hadir sebagai solusi bagi perusahaan dalam mengelola setiap aset yang ada. Talenta by Mekari dapat menjadikan kegiatan operasional pengelolaan, pemeliharaan, sampai pelaporan aset akan menjadi lebih mudah, cepat, dan tepat.

Dengan aplikasi aset Talenta by Mekari akan membantu perusahaan dalam memantau kondisi aset bahkan secara realtime, membantu pembuatan laporan dan analisa serta mencegah terjadinya human error.

Selain itu, aplikasi aset Talenta by Mekari juga memudahkan Anda untuk mengoptimalkan penggunaan aset, mengecilkan biaya, mengelola pengeluaran modal dengan lebih baik, dan pada akhirnya memaksimalkan pengembalian atas aset termasuk properti tetap, pabrik dan peralatan.